Monday, May 9, 2011

kenapa Install Windows XP dan Window 7 pada satu komputer gagal.

Install Windows XP dan Window 7 pada satu komputer gagal. Install ulang Microsoft WinXP dengan Win Seven beberapa hari yang lalu berulang kali gagal. Dalam sehari, install Windows XP sampai empat kali. Yang Windows 7 install ulang sampai enam kali. Kegagalan install ulang membuat bingung, karena selama ini berulang kali menginstall dengan dua OS produk Microsoft tersebut tidak menjadi masalah. Install 2 Windows gagal karena hanya masalah type partisi harddisk.
Dalam komputer saya selalu terpasang Operating System (OS) dua, yaitu XP dan Seven. Malah saking pinginnya ngerti Ubuntu, jadi ada tiga deh, berhubung sudah tahu ya tidak dipakai lagi.
Awal mula menginstall ulang windows sampai berulang-ulang gagal karena Windows yang terpasang di komputer, baik XP maupun Win 7 menunjukkan gejala-gejala aneh dan mencurigakan. Hal tersebut terjadi setelah sering akses website warez. Tentang gejala-gejala aneh dan situs warez dibahas kapan-kapan ah… lagi mau cerita pengalaman sehari install OS sampai 10 kali belum pernah saya alami, paling banyak emapt kali :)
Yang perlu diketahui, untuk install dua windows dalam satu komputer (XP dan Seven), Win XP dulu yang di install, baru kemudian Win 7 menyusul (mungkin bisa dibalik, tapi saya tidak tahu caranya). Sehingga kita tetap bisa menggunakan keduanya. Windows XP saya gunakan untuk bekerja dengan Office, khususnya dalam pembuatan Propenil. Office yang dipakai Office Excell 2003. Karena lebih cepat kerjanya, terutama saat menjalankan macro Excel. Yang Win 7 sesekali dipakai supaya sedikit banyak tahu cara kerja dan settingnya.
Nah sekarang sudah tahu alasan saya tetap memasang 2 OS.
Lanjut… tentang kegagalan install ulang. Ternyata setelah diselidiki, permasalahan berasal dari type partisi harddisk yang saya buat primary semua. Sehingga setiap kali install XP kemudian Seven, saat booting tidak muncul pilihan OS. Hal ini terjadi sebelum install, saya menata kembali ukuran partisi. Jumlahnya tetap ada 4 partisi (C, D, E, F). Pada saat menata ulang kapasitas partisi, saya memilih type partisi dengan primary semua. Maka akibatnya saat booting tidak ada pilihan menu pilihan OS. Sayangnya saya lupa mencoba satu hal, yaitu copy-paste file boot.ini yang pernah saya simpan. Jadi pengalamnnya tidak sempurna deh :)
Setelah berulang kali gagal install 2 OS tersebut, coba format dan menata partisi memakai software Hiren’s BootCD, hasilnya tetap sama. Di bolak-balik tempat partisinya tetap sama, GAGAL. Install Windows pakai CD maupun memakai flashdisk hasilnya juga sama, GAGAL.
Maka saya kemudian mencoba, partisi yang dialokasikan untuk Windows Seven saya ganti typenya menjadi Logical Drive. Yang untuk Win XP tetap dengan type Primary Partition. Ternyata setelah mengganti type partisi tersebut, installasinya berjalan sukses. Artinya komputer terinstall Win XP dan Win 7 yang semuanya bisa dipakai gitu…. Kayaknya masalah tersebut sepele, tapi pusingnya seharian, sampai hampir putus asa (tapi bersyukurnya ga sampai nangis).
Dari pengalaman di atas kata kuncinya cuma 2 :
  • Partisi untuk Win XP memakai Primary
  • Partisi untuk Win 7 memakai Logical
Untuk melihat atau edit type partisi, caranya klik kanan MyComputer, kemudian pilih Manage. Selanjutnya akan tampil jendela Computer Management. Kemudian pilih atau klik Disk Management.
Barangkali Anda punya pengalaman atau pengetahuan yang berbeda dengan saya, silahkan berbagi dengan kasih komentar.
Setelah berhasil install, maka saya selalu cek komputer agar program Windows tidak menunjukkan gejala-gejala aneh. Akibat malware yang menyerang system windows. Install ulang gara-gara saya menemukan trojan jahat yang pekerjaannya mengundang virus/trojan lain untuk masuk dan bersemayam dalam komputer, dan tidak bisa di delete. Dan yang menjengkelkan, trojan-trojan tersebut pekerjaannya tidak lain mengirim file-file yang ada pada komputer kita (walaupun sebenarnya tidak ada data penting). Kecuali saat akses internet dan login ke email atau blog, khawatir tiba-tiba passwordnya sudah berubah dan tidak bisa dibuka :(
Maka berhati-hatilah saat Windows di komputer bertingkah polah aneh-aneh tidak seperti biasanya….
Install Windows XP dan Windows 7 pada satu komputer berhasil setelah menata ulang type partisi untuk masing-masing OS (Operating System). Partisi untuk WinXP memakai Primary Partition. Partisi untuk Windows 7 dengan type Logical Drive. Setelah komputer terinstall Windows, sekarang belajar menggunakan rumus IF, OR dan AND Excel yuk… Terima ksaih, maaf dan semoga bermanfa’at.

No comments:

Post a Comment